Tata Kelola Reformasi Birokrasi BPS

  1. Dewan Pengarah

    1. Memberikan arahan kepada Tim Pelaksana;

    2. Merumuskan cetak biru (grand design) reformasi birokrasi sesuai peraturan perundang-undangan;

    3. Memberikan masukan kepada Kepala Badan Pusat Statistik berkaitan dengan kebijakan, strategi, program, dan kegiatan reformasi birokrasi;

    4. Melakukan konsultasi dengan Tim Kerja Reformasi Birokrasi Nasional dalam melaksanakan reformasi birokrasi di lingkungan Badan Pusat Statistik;

    5. Melakukan sosialisasi dan internalisasi kepada para pihak yang berkepentingan tentang reformasi birokrasi di lingkungan Badan Pusat Statistik;

    6. Melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan Badan Pusat Statistik;

    7. Memberikan laporan pelaksanaan program reformasi birokrasi kepada Kepala Badan Pusat Statistik dan Tim Kerja Reformasi Birokrasi Nasional.

  2. Tim Pelaksana

    1. Ketua

      1. Menyusun konsep, rencana dan program pelaksanaan reformasi birokrasi;

      2. Melakukan koordinasi dengan Tim STATCAP CERDAS untuk akselerasi pelaksanaan program reformasi birokrasi;

      3. Melakukan konsultasi dengan Tim Kerja Reformasi Birokrasi Nasional dan para pihak terkait;

      4. Mengusulkan kepada Tim Pengarah tentang program dan kegiatan pelaksanaan reformasi birokrasi;

      5. Melaporkan hasil kerjanya kepada Tim Pengarah RB BPS.

    2. Wakil Ketua

      1. Membantu Ketua Tim Pelaksana dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya;

      2. Mewakili ketua Tim Pelaksana apabila berhalangan.

    3. Ketua Harian

      1. Mengkoordinir pelaksanaan program reformasi birokrasi;

      2. Memonitor pelaksanaan program reformasi birokrasi

      3. Melakukan evaluasi pelaksanaan program reformasi birokrasi bersama Tim Monitoring dan Evaluasi.

      4. Menetapkan kalender kerja yang meliputi rencana rapat, rencana workshop, dan rencana sosialisasi terkait pelaksanaan reformasi birokrasi;

      5. Melaporkan hasil kerjanya kepada Ketua dan/atau Wakil Ketua Tim Pelaksana RB BPS.

  3. Sekretariat

    1. Menyusun kalender kerja yang meliputi rencana rapat, rencana workshop, dan rencana sosialisasi terkait pelaksanaan reformasi birokrasi;

    2. Melakukan kompilasi hasil dokumentasi pelaksanaan program RB BPS RI dan Provinsi dari seluruh area perubahan dan Tim Monev dalam bentuk softcopy ataupun hardcopy;

    3. Mendokumentasikan laporan progress reformasi birokrasi untuk setiap area perubahan, baik hardcopy maupun softcopy;

    4. Membantu ketua harian reformasi birokrasi untuk melaksanakan tugas-tugasnya;

    5. Melaporkan hasil kerja sekretariat kepada ketua harian tim reformasi birokrasi;

  4. Ketua Area Perubahan

    1. Merencanakan program reformasi birokrasi pada masing-masing area perubahan;

    2. Menetapkan kalender kerja program reformasi birokrasi pada masing-masing area perubahan;

    3. Mengkoordinir dan melaksanakan program reformasi birokrasi pada masing-masing area perubahan;

    4. Mengontrol pelaksanaan program reformasi birokrasi pada masing- masing area perubahan;

    5. Melaporkan hasil kerja di masing-masing area perubahan kepada Ketua Harian Tim Pelaksana RB BPS;

    6. Mendokumentasikan seluruh kegiatan hasil pembahasan dari berbagai forum diskusi maupun rapat reformasi birokrasi pada masing-masing area perubahan, baik dalam bentuk softcopy maupun hardcopy.

  5. Tim Monitoring dan Evaluasi

    1. Merencanakan Monev pelaksanaan program reformasi birokrasi per area perubahan;

    2. Menetapkan kalender kerja Monev pelaksanaan program reformasi birokrasi per area perubahan;

    3. Mengkoordinir dan melaksanakan Monev pelaksanaan program reformasi birokrasi per area perubahan;

    4. Melaporkan hasil Monev per area perubahan kepada Ketua Harian Tim Pelaksana RB BPS;

    5. Mendokumentasikan seluruh kegiatan Monev program reformasi birokrasi, baik dalam bentuk softcopy maupun hardcopy.

  6. Ketua Tim RB BPS Provinsi

    1. Menyusun konsep, rencana dan program pelaksanaan reformasi birokrasi yang sejalan dengan rencana kerja RB BPS RI di masing- masing provinsi;

    2. Mengkoordinir pelaksanaan program reformasi birokrasi di masing- masing provinsi;

    3. Memonitor pelaksanaan program reformasi birokrasi di masing- masing provinsi;

    4. Melakukan evaluasi pelaksanaan program reformasi birokrasi bersama Tim Monitoring dan Evaluasi RB BPS Provinsi di masing- masing provinsi;

    5. Menetapkan kalender kerja yang meliputi rencana rapat, rencana workshop, dan rencana sosialisasi terkait pelaksanaan reformasi birokrasi di masing-masing provinsi;

    6. Melaporkan hasil kerjanya kepada Ketua Harian Tim Pelaksana RB BPS RI.

  7. Sekretariat Tim RB BPS Provinsi

    1. Menyusun kalender kerja yang meliputi rencana rapat, rencana workshop, dan rencana sosialisasi terkait pelaksanaan reformasi birokrasi pada masing-masing provinsi;

    2. Melakukan kompilasi seluruh hasil dokumentasi pelaksanaan program reformasi birokrasi dari seluruh area perubahan dan Tim Monev di masing-masing provinsi, baik dalam bentuk softcopy maupun hardcopy;

    3. Mendokumentasikan laporan progress reformasi birokrasi untuk seluruh area perubahan di masing-masing provinsi, baik hardcopy maupun softcopy;

    4. Membantu ketua Tim RB BPS Provinsi untuk melaksanakan tugas- tugasnya;

    5. Melaporkan hasil kerja sekretariat kepada Ketua Tim RB BPS Provinsi;

    6. Berkoordinasi dengan sekretariat RB BPS RI dalam pelaksanaan tugasnya

  8. Ketua Area Perubahan RB BPS Provinsi

    1. Merencanakan program RB BPS provinsi pada masing-masing area perubahan;

    2. Menetapkan kalender kerja program RB BPS provinsi pada masing- masing area perubahan;

    3. Mengkoordinir dan melaksanakan program RB BPS provinsi pada masing-masing area perubahan;

    4. Mengontrol pelaksanaan program RB BPS provinsi pada masing- masing area perubahan;

    5. Melaporkan hasil kerja di masing-masing area perubahan provinsi kepada Ketua Tim RB BPS Provinsi;

  9. Tim Monitoring dan Evaluasi RB BPS Provinsi

    1. Merencanakan Monev pelaksanaan program RB BPS Provinsi per area perubahan;

    2. Menetapkan kalender kerja Monev pelaksanaan program RB BPS Provinsi per area perubahan;

    3. Mengkoordinir dan melaksanakan Monev pelaksanaan program RB BPS Provinsi per area perubahan;

    4. Melaporkan hasil Monev per area perubahan kepada Ketua Harian Tim Pelaksana RB BPS;

    5. Mendokumentasikan seluruh kegiatan Monev program RB BPS Provinsi, baik dalam bentuk softcopy maupun hardcopy.

  10. Sekretariat Tim RB BPS Kabupaten/Kota

    1. Menyusun kalender kerja yang meliputi rencana rapat, rencana workshop, dan rencana sosialisasi terkait pelaksanaan reformasi birokrasi pada masing-masing Kabupaten/Kota;

    2. Melakukan kompilasi seluruh hasil dokumentasi pelaksanaan program reformasi birokrasi dari seluruh area perubahan dan Tim Monev di masing-masing Kabupaten/Kota, baik dalam bentuk softcopy maupun hardcopy;

    3. Mendokumentasikan laporan progress reformasi birokrasi untuk seluruh area perubahan di masing-masing Kabupaten/Kota, baik hardcopy maupun softcopy;

    4. Melaporkan hasil kerja sekretariat kepada Ketua Tim RB BPS Provinsi;

    5. Berkoordinasi dengan sekretariat RB BPS Provinsi dalam pelaksanaan tugasnya.