Pelayanan publik Badan Pusat Statistik (BPS) berhasil meraih Penghargaan Pelayanan Publik dengan Kategori “Sangat Baik” tahun 2019 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik M. Ari Nugraha, M.Sc menerima penghargaan yang diserahkan oleh Menteri PAN-RB yang diwakili oleh Staff Ahli Bidang Pemerintahan dan Otonomi daerah Drs. H. Jufri Rahman, M.Si. serta Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPAN-RB, Diah Natalisa dalam acara Penyampaian Penghargaan Pelayanan Publik Kementerian dan Lembaga Tahun 2019 di Holding Room Kantor KemenPAN-RB Jakarta, Rabu (11/12).
Penghargaan Pelayanan Publik kategori diberikan kepada unit pelayanan publik BPS yaitu Pelayanan Statitik Terpadu dengan nilai Indeks Pelayanan Publik (IPP) sebesar 4,39 dari skala 5, dengan Predikat “Sangat Baik” dari 51 Kementerian/Lembaga.
Dalam sambutannya, Menteri Tjahjo Kumolo yang diwakili oleh Staff Ahli Bidang Pemerintahan dan Otonomi daerah Drs. H. Jufri Rahman, M.Si. mengajak para pimpinan instansi yang merupakan motor penggerak untuk menggali inovasi demi terwujudnya perbaikan kualitas pelayanan pada instansi masing-masing. “Mereka harus memiliki komitmen yang tinggi untuk menuntun dan memberi motivasi bagi jajarannya agar bergerak cepat, kreatif, inovatif, dan profesional dalam melakukan perbaikan pelayanan,” katanya,” ucapnya.
Sementara itu, Deputi Bidang Pelayanan Publik, Prof Diah Natalisa menyampaikan hasil evaluasi pelayanan publik bertujuan memunculkan unit pelayanan publik percontohan bagi instansi lainnya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang pada akhirnya berdampak pada kesejahteraan masyarakat.
Evaluasi penilaian pelayanan publik ini dilakukan dalam tiga proses penilaian yaitu penilaian mandiri oleh instansi terkait, Evaluator KemenPAN-RB, dan masyarakat pengguna layanan pada periode Mei-Oktober 2019. Ada 6 (enam) aspek yang dinilai yakni kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi pengaduan, dan inovasi.
Hasil evaluai penilaian di kategorikan menjadi beberapa kategori yaitu A (pelayanan prima), kategori A- (sangat baik), kategori B (Baik) dan B- (Baik dengan catatatan), kategori C (Cukup) dan C- (Cukup dengan Catatan), dan terakhir kategori terendah yaitu D, E, F yang berarti prioritas pembinaan dari KemenPANRB.
Daftar K/L Penerima Penghargaan Pelayanan Publik Tahun 2019
Kategori Pelayanan Prima
1. Kementerian Kesehatan
2. Badan Pengawas Obat dan Makanan
Kategori Sangat Baik
1. Badan Pusat Statistik
2. Badan Informasi Geospasial
3. Kementerian Keuangan
4. Kementerian Sosial
5. Kementerian Kelautan dan Perikanan
6. Sekretariat Kabinet
7. Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah
8. Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional
9. Badan Tenaga Nuklir Nasional
10. Kementerian Luar Negeri
11. Kementerian Dalam Negeri
12. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional
13. Kementerian Sekretariat Negara
14. Mahkamah Agung
15. Mahkamah Konstitusi
16. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi
17. Kementerian Hukum dan HAM
18. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
19. Kementerian Komunikasi dan Informatika
20. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
21. Badan Narkotika Nasional
Irvan Rahman Saleh S.IP