Pelatihan Calon Instruktur Nasional Survei Hortikultura Potensi Tahun 2017

Admin RB BPS Pusat | 25th July, 2017

Image source : www.freepik.com/free-vector/educational-future-concept_776917.htm

Ketersediaan data pertanian, khususnya Sub sektor Hortikultura yang akurat, mutlak diperlukan oleh Pemerintah maupun stakeholder. Data tersebut diperlukan dalam pembuatan perumusan dan perencanaan kebijakan Pemerintah dan dunia usaha. Dalam rangka memeneuhi kebutuhan data tersebut BPS telah melakukan Survei Hortikultura Potensi 2017 (SHOPI 2017). Survei ini dilakukan melalui pendekatan Rumah Tangga menggunakan Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI). Hal itu  sejalan dengan Reformasi BPS dalam rangka memperbaiki Metodologi dan memenuhi kebutuhan data yang dinamis.

Aplikasi CAPI 2017 ini dibangun oleh Direktorat Sistim Informasi Statistik menggunakan software Open Data Kit (ODK). Sebelum pelaksanaan survei maka perlu diadakan Pelatihan bagi para INNAS baik dari daerah maupun dari BPS Pusat. Mengingat pentingnya pemahaman akan data Hortikultura tersebut, maka pimpinan mengajak seluruh peserta pelatihan agar lebih fokus, lebih bersemangat. Selain itu peserts jangan pernah malu untuk meminta Intama agar menjelaskan ulang kalau jika materi yg kurang jelas. Jangan sampai memendam masalah, dan upayakan setiap masalah harus selesai sebelum masuk ke materi berikutnya. Hal ini terkait dengan masalah kualitas data,  karena kualitas data hasil survei salah satunya ditentukan oleh kualitas pelatihan sehingga tujuan survei dapat tercapai. Perlu diingat pula bahwa keberhasilan Pelatihan Innas ini, dan Pelatihan petugas, serta pelaksanaan lapangan sangat ditentukan oleh niat, tekad dan kesungguhan kita semua.

Pelatihan Innas SHOPI 2017 kali ini dilaksanakan di Hotel Royal Amaroossa Bogor mulai tanggal, 18 hingga 20 Juli 2017. Peserta Pelatihan sebanyak  13 orang,  dari 10 BPS Propinsi dan 26 orang dari BPS Pusat. Survei ini akan dilaksanakan pada bulan Aguatus hingga September 2017 di 10 propinsi dan 13 kabupaten dengan jumlah sampel 802 blok sensus dan 8.020 rumah tangga.Selanjutnya Pimpinan mengajak  semua peserta dan pihak pelaksana pelatihan untuk melaksanakan SHOPI 2017 dengan mematuhi SOP yang telah ditentukan.

 

Sumber : community.bps.go.id